Rekruitmen Petugas kesehatan Haji 2014

Salah satu upaya persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1435H/2014M maka telah diselenggaran seleksi Petugas Haji Indonesia oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU). Para petugas kesehatan ini nantinya akan bertugas di Arab Saudi untuk melayani para jemaah Haji Indonesia 2014.

Pelaksanaan rekrutmen calon petugas haji dilaksanakan secara serempak di seluruh provinsi di Indonesia. Rekrutmen ini adalah tahapan lanjutan dari proses seleksi di tiap-tiap Kabupaten/Kota dan Kanwil. Proses seleksi para petugas kesehatan Haji Indonesia dilaksanakan dengan kompetitif berdasarkan hasil tes melalui seleksi administrasi, tes kompetensi, dan wawancara sehingga diharapkan para petugas kesehatan yang dikirim nanti merupakan petugas yang handal dan berkualitas dan memiliki integritas yang baik.

Dalam pelaksanaan tes calon petugas haji 2014 ini diawasi oleh empat pengawas dari Tim Inspektorat Jenderal kementerian Agama. Calon petugas haji Indonesia yang direkrut terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi.

Para petugas kesehatan haji Indonesia tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab masing masing dimana TPHI merupakan petugas yang menyertai jamaah haji dalam kelompok terbang yang bertugas memberikan pelayanan umum bagi jamaah haji. Sedangkan TPIHI merupakan adalah petugas khusus Haji yang menyertai jamaah haji dalam kelompok terbang yang bertugas memberikan pelayanan bimbingan ibadah bagi jamaah haji. Adapun PPIH merupakan petugas haji yang memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji di Indonesia dan di Arab Saudi selama masa operasional penyelenggaraan ibadah haji.
[source : kemenag.go.id]

0 komentar:

Posting Komentar